ASN HARUS BERAKHLAK
Minahasa Selatan (Humas BDK Manado) - Salah satu program BDK Manado adalah Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) Teknis Keprotokolan. Pelatihan ini dilaksanakan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Selatan sebagai salah satu wilayah kerja BDK Manado. Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari yang dimulai sejak 13-17 Pebruari 2023 ini mengajarkan kepada peserta pelatihan tentang materi, yaitu: 1) Dasar-dasar Keprotokolan, 2) Keprotokolan Tata Tempat dan Tata Upacara, 3) Keprotokolan Tata Penghormatan, Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, 4) Etika Komunikasi Keprotokolan, 5) Manajemen Keprotokolan, 6) Pengaturan tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan, dan 7) Master of Ceremony.
Dalam kegiatan ini, Muis Riadi sebagai Kepala BDK Manado turut menjadi narasumber pelatihan ini. Tentunya didampingi oleh para widyaiswara yang menjadi fasilitator pada pelatihan ini, yaitu: Hj. Irma Bulow dan Seska Langitan. Pelatihan yang bertempat di Aula Kantor ini dibuka oleh Arcilaus Egetan selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Selatan. Dalam sambutannya, Egetan menyatakan bahwa core values ASN diimplementasikan dalam istilah “Berakhlak” yang merupakan akronim dari ‘berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif’. Ini berimplikasi bahwa ASN merupakan pelayan masyarakat dan prinsip ini harus dipahami dan dilaksanakan oleh setiap ASN khususnya di Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Selatan. Pelatihan Keprotokolan ini memberikan dasar kepada para ASN untuk mengetahui bagaimana menyiapkan dan melaksanakan kegiatan atau acara, baik formal, nonformal maupun informal dengan tata cara yang tepat.
Mengakhiri sambutannya, Archilaus berpesan kepada 30 orang peserta pelatihan yang terdiri dari unsur pengawas madrasah, guru, tata usaha pada madrasah, pelaksana di KUA dan ASN dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa agar setelah pelatihan ini selesai, semangat dan tanggung jawab sebagai alumni pelatihan tetap ditumbuhkembangkan dalam menjaga citra lembaga dan memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat. (SBA)