PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PADA GURU MADRASAH

PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PADA GURU MADRASAH

Pendekatan saintifik dalam pembelajaran merupakan suatu pembaharuan dalam konteks mengajar guru di Madrasah, sebab merupakan tuntutan kurikulum 2013 yang mengharuskan menggunakan pendekatan saintifik.Pembelajaran pendekatan saintifik adalah pembelajaran itu dilakukan secara ilmiah, disebut juga pendekatan ilmiah. Proses pembelajaran dapat dipadankan dengan suatu proses ilmiah. Karena itu Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Pendekatan ilmiah diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik.Sesuai dengan Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses, pendekatan saintifik dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Mengamati 2) Menanya; 3) Mencoba; 4) Mengasosiasi, dan 5) Mengomunikasikan serta dapat ditambahkan Mencipta. Rangkaian kegiatan ini dominan keaktifan difokuskan pada siswa selama proses pembelajaran, guru hanya memberikan arahan dan membuat koreksi-koreksi berkaitan dengan materi-materi yang diajarkan di dalam kelas/upload/files/4.%20Mardiah%20Baginda_KTI%20Pendekatan%20Saintifik.docx