MENAG : Membangun Citra Positif dan Memperkuat Informasi di Kemenag
  • BDK MANADO
  • 17 November 2024
  • 5x Dilihat
  • Berita

MENAG : Membangun Citra Positif dan Memperkuat Informasi di Kemenag

Gambar

Bdk Manado – Humas: Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar memberikan arahan strategis dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, pada 15–17 November 2024. Dalam kesempatan ini, Menag menekankan dua poin penting: membangun citra positif dan memperbaiki manajemen informasi di lingkungan Kementerian Agama.

Citra Positif Melalui Pelayanan Masyarakat

Menurut Menag, citra positif tidak semata-mata diukur dari keberhasilan yang ditonjolkan, melainkan dari kemampuan Kementerian Agama untuk menjadi teladan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Kita harus memberikan citra positif terhadap Kementerian Agama," tegas Menag. "Citra positif bukan hanya tentang bagaimana kita menunjukkan keberhasilan, tetapi bagaimana instansi ini mampu menjadi teladan dalam memberikan layanan kepada masyarakat."

Pernyataan ini menggarisbawahi pentingnya kepercayaan publik yang didapatkan melalui pelayanan yang efektif, transparan, dan bermakna.

Peran Humas Sebagai Pilar Informasi

Menag juga menyoroti peran vital humas dalam mengelola arus informasi. Ia menegaskan agar tidak ada kesenjangan informasi antara pusat dan daerah, mengingat informasi yang tidak merata dapat menghambat sinergi dan kolaborasi.

"Humas harus mampu menata informasi di lingkungannya masing-masing. Jangan terlalu berjarak antara informasi dari pusat yang sedemikian genjarnya, sementara di daerah, tidak ada informasi apa-apa," jelasnya.

Pengelolaan informasi yang baik, lanjut Menag, bukanlah tentang membesar-besarkan capaian, tetapi menampilkan prestasi secara efektif sehingga bermakna bagi masyarakat.

"Bukan untuk meriakkan apa yang kita lakukan, tetapi bagaimana kita bisa menampilkan diri dengan membunyikan prestasi apa yang telah kita capai," imbuhnya.

Sinergi dan Komitmen Bersama

Rakernas ini dihadiri oleh para pejabat pusat dan daerah Kementerian Agama. Kegiatan ini menjadi momen penting untuk memperkuat sinergi, menyelaraskan langkah, serta memperkuat komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dengan arahan strategis dari Menag, Rakernas menjadi tonggak untuk mewujudkan pelayanan Kementerian Agama yang lebih responsif, informatif, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat.