URGENSI PUBLIC RELATION DALAM MEMBERIKAN INFORMASI PADA  LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

URGENSI PUBLIC RELATION DALAM MEMBERIKAN INFORMASI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Pentingnya peran Public Relation dalam upaya menciptakan citra yang positif terhadap organisasi pelatihan. Untuk itu perlu diuraikan peran dan tugas dari Public Relation dalam suatu organisasi pelatihan. Peran Public Relation, yaitu: 1) Communicator: artinya kemampuan sebagai komunikator baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui media cetak/elektronik dan lisan; 2) Back up Management Melakukan dukungan manajemen atau menunjang kegiatan lain; 3) Manajemen promosi, dalam lembaga pelatihan promosi tersebut dalam bentuk informasi-informasi tentang program pelatihan yang menjadi unggulan; 4) Good Image Maker, menciptakan citra atau publikasi yang positif. Tugas dari Public Relation, yaitu: 1) Menginterpretasikan, menganalisa, dan membuat evaluasi kecenderungan perilaku publik; 2) Mempertemukan kepentingan organisasi dengan kepentingan publik sehingga tercipta saling pengertian; 3) Mengevaluasi program-program organisasi khususnya yang berkaitan dengan publik. Melakukan evaluasi terhadap program-program lembaga pelatihan, serta memberikan laporan kepada atasannya. Di Sini